CARA MENGHILANGKAN JAMUR BODY MOBIL dan JAMUR KACA MOBIL

PAINT PROTECTION – NANO CERAMIC COATING 9H+
February 13, 2017
SALON MOBIL For INTERIOR DETAILING – CARA MEMBERSIHKAN DAN MENJAGA INTERIOR KENDARAAN
February 13, 2017

CARA MENGHILANGKAN JAMUR BODY MOBIL dan JAMUR KACA MOBIL

Jamur adalah hal yang sangat biasa terjadi di kaca mobil dan permukaan cat. Menghilangkan jamur tanpa mengakibatkan baret-baret halus (“swirl”) atau lebih parahnya baret bisa menjadi sebuah tantangan. Article ini akan membahas apa yang mengakibatkan jamur, tipe-tipe jamur yang biasa terdapat di mobil, dan cara menghilangkan untuk masing-masing tipe jamur.

Apa yang mengakibatkan jamur di kaca dan permukaan cat

Semua orang pasti setuju yang mengakibatkan jamur di permukaan kendaraan adalah air yang menempel di permukaan yang mengering (atau lebih tepatnya menguap). Yang harus dimengerti, kenapa air yang tersisa itu dapat mengakibatkan jamur. Yang paling umum mengakibatkan jamur ada dua dan akan dibahas berikut:

1) Air hujan, kenapa? Karena air hujan ini tidak murni tapi mengandung asam yang diakibatkan oleh debu dan asap-asap polusi yang terserap kedalam air hujan.

2) Air biasa yang tersisa di permukaan mobil yang tidak secepatnya dilap juga dapat mengakibatkan jamur apalagi kalau Total Dissolved Solid (“TDS”) levelnya tinggi. Air yang TDS levelnya diatas 170ppm itu termasuk golongan air keras dan mau secepat apapun kita melap air terkadang mineral dapat mengering lebih cepat sehingga mengakibatkan jamur.

Jamur bukanlah sesuatu yang membahayakan mobil, tapi dapat membahayakan apabila air yang jatuh ke permukaan mengandung sesuatu yang korosif yang dapat menggores permukaan sehingga menciptakan lubang. Jika tidak segera dirawat, lubang ini akan semakin parah dikarenakan air berikutnya akan mengumpul di lubang ini dan akan terus menggores lubang yang sama sehingga meresap terlalu dalam untuk dihilangkan.

Tipe – tipe jamur

Sebelum dapat menghilangkan jamur dari permukaan, kita harus tahu dulu tipe jamur yang ada di permukaan untuk menghindari pengerjaan yang tidak seharusnya tidak dilakukan. Semua detailer pasti setuju ada dua tipe jamur yang biasa terdapat di permukaan kendaraan.

Tipe I

Ini adalah jamur yang menempel di permukaan cat paling atas atau Clear Coat dan lapisan kaca paling atas. Tipe I jamur biasa diakibatkan oleh air yang tidak dilap dari permukaan kendaraan sehingga mineral atau kotoran yang terdapat di dalam air menempel ke permukaan. Tipe I jamur juga dapat diakibatkan oleh air hujan yang tidak segera dilap. Jamur tipe I dapat menjadi Tipe II apabila airnya sudah menggores ke dalam clear coat.

Tipe II

Jamur Tipe II biasa diakibatkan oleh air yang berkorosi yang menempel di permukaan kendaraan dan tidak sempat dibersihkan sebelum air berkorosi ini menyerap ke dalam clear coat.

Cara menghilangkan jamur di setiap permukaan

Setelah mengerti kedua tipe jamur yang biasa terjadi di permukaan cat dan kaca, kita bisa menghilangkannya dengan selalu memulai dengan metode yang paling tidak agresif untuk meminimalisir baretan atau swirls.

Untuk jamur Tipe I gunakanlah water spot remover dengan kain mikrofiber yang berkualitas (bersih dan halus). Waktu menggunakan water spot remover, gunakanlah yang banyak untuk menghindari permukaan cat dari swirl atau marring. Jangan lupa untuk melipat handuk mikrofiber anda menjadi empat bagian (jadi kalian ada delapan sisi bersih handuk). 

Pertama, panel yang terkena jamur di bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan mulai menyemprotkan water spot remover ke satu permukaan lap, lalu usap ke body yg terkena jamur, kemudian balik atau putar handuk anda untuk menghilangkan sisa-sisa spray yang masi ada.

Kalau dengan prosedur di atas jamur masih tidak bisa hilang, kemungkinan jamur tsb tergolong jamur Tipe II. Untuk menghilangkan jamur tipe II ini prosedurnya tergolong lebih rumit.

1) Pertama kita harus menggunakan clay bar untuk membersihkan permukaan cat dari kontaminan yg lainnya (akan dibahas di article berikutnya).

2) Setelah permukaan cat halus, kita mulai prosedur polishing dgn menggunakan compound dan polishing pad . Prosedur polishing ini bisa di lakukan di rumah anda dengan menggunakan compound dan lap mikrofiber yg bersih. Cukup mengoleskan compound pada permukaan body mobil, lalu di usap dgn tekanan sangat minimal dgn microfibre yg bersih. Terakhir, pakai microfibre yg baru untuk mengangkat sisa-sisa obat.

Tentunya prosedur-prosedur diatas dapat di lakukan sendiri di rumah anda, tapi jika jamurnya masih membandel, kita sarankan untuk menghubungi trained professionals terdekat untuk melakukan polishing tanpa mengakibatkan kerusakan yang mendalam. Article tentang polishing menggunakan mesin akan kami bahas lebih detil di article berikutnya.

Cara mencegah jamur untuk menempel di permukaan

Ada beberapa cara  untuk mencegah jamur untuk menempel ke permukaan cat kita :

1) Mencuci dan mengeringkan mobil dengan cara yang benar setiap kali mobil terkena hujan

2) Mengaplikasikan coating (wax, sealant, teflon / ceramic coating) berkualitas yang mengandung efek hydrophobic dengan daya ketahanan yang bagus (tidak mudah hilang begitu terkena bahan kimia). Efek hydrophobic akan membuat air langsung jatuh ke permukaan sehingga meminimalkan air, yang dapat mengakibatkan jamur, yang tersisa di permukaan cat/ kaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

call-14-2-whatsapp-transparent