KOTORAN BURUNG – CARA MEMBERSIHKAN DAN MELINDUNGI CAT DARI KOTORAN BURUNG

SALON MOBIL For INTERIOR DETAILING – CARA MEMBERSIHKAN DAN MENJAGA INTERIOR KENDARAAN
February 13, 2017
Nano Glass Coating , Nano Ceramic Coating Untuk Kaca
February 13, 2017

KOTORAN BURUNG – CARA MEMBERSIHKAN DAN MELINDUNGI CAT DARI KOTORAN BURUNG

Pernahkah kendaraan anda terkena kotoran burung? Dan begitu Anda cuci noda itu tetap ada. Bingung? Article ini akan membahas kenapa kotoran burung bisa menempel dan berbekas, cara menghilangkannya, dan cara menjaga cat supaya kotoran burung tidak menempel.

Kandungan Kotoran Burung

Kotoran burung mengandung kadar asam yang sangat tinggi dan dapat membekas di permukaan cat apabila didiamkan terlalu lama, apalagi dalam keadaan panas seperti di Jakarta.

Disaat cuaca panas, clear coat akan melembek dan jika ada zat asam yang menempel akan mempermudah zat asam itu untuk menyerap kedalam permukaan cat. Kotoran burung yang tidak dapat dihilangkan dengan air itu berarti sudah menyerap kedalam clear coat, yang biasa disebut FLECKING.

Kotoran burung juga mengandung zat yang sangat abrasive karena burung mengkonsumsi mangsa (berikut tulangnya), batu kerikil dan pasir, begitu mereka mencerna makanannya, kotoran mereka jadi mengandung zat yang sangat abrasive itu.

Beberapa hal yang harus diingat ketika membersihkan kotoran burung:

  • Jangan menggunakan Quick Detailer Spray untuk membersihkan kotoran burung. Quick Detailer Spray mengandung wax atau polymer sehingga bukannya membersihkan malah menutup asamnya.

  • Bersihkan kotoran burung secepatnya setelah kejadian. Semakin lama ditinggalkan akan membuat kotoran burung itu menyerap kedalam permukaan dicat dikarenakan oleh zat asam dan cuaca yang panas. Cukup dengan air yang banyak untuk membersihkan semua sisa-sisa dari kotoran tersebut.

Cara membersihkan kotoran burung

  1. Selalu mulai dengan menggunakan produk yang tidak mengandung abrasivenya dulu untuk menghilangkan asam dari permukaan cat. Contohnya: air biasa, Multi Purpose Cleaner, atau Shampoo Mobil.

  2. Jangan me-lap langsung kotoran burung pas sudah kering juga, karena ingat kotoran burung menggunakan sesuatu yang abrasive untuk mencerna makanannya, sehingga melapnya begitu saja dapat mengakibatkan baret halus / swirl.

  3. Gunakan insect/bug remover dan handuk mikrofiber untuk membersihkannya.

  4. Jika kotoran burungnya sudah melembek, gunakan handuk mikrofiber untuk lap juga cukup

  5. Jika metode diatas tidak bekerja, berarti kotoran burung sudah menyerap, lakukan tahap dibawah berikut.

  6. Gunakan clay bar dahulu dan dilanjuti dengan poles ringan.

Cara Melindungi Permukaan Cat Mobil dari Kotoran Burung

Paint protection seperti wax, sealant, atau ceramic coating sangat disarankan dikarenakan efek hydrophobic yang diberikan oleh paint protection. Efek hydrophobic ini dapat mencegah kotoran burung untuk menyerap dengan cat dan membuatnya lebih gampang untuk dibersihkan.

Tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kendaraan Anda secara rutin untuk mencegah oxidasi. Karena jika tidak, kotoran burung dan kontaminasi lain masih akan menyerap dengan permukaan cat.

Ingat! Nano ceramic coating tidak dapat mencegah terjadinya Flecking di permukaan cat, tapi dapat mengurangi resiko kerusakan cat yang akan terjadi oleh kotoran burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

call-14-2-whatsapp-transparent